SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Kamis, 31 Januari 2013

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI SDN SAWANG

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW pada hari Kamis, tanggal 31 Januari 2013 semua Dewan Guru dan Siswa siswi SD Negeri Sawang Kecamatan Tapin Selatan bertempat diruang Musholla SD Negeri sawang mengadakan Peringatan Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW,maksud dari pelaksanaan peringatan ini adalah untuk lebih menanamkan rasa cinta anak-anak kepada ajaran agamanya dan Rasulnya serta untuk lebih menanamkan pendidikan karakter bangsa,karena dengan pelaksanaan peringatan ini akan lebih dapat ditanamkan nilai-nilai yang dapat membangun sikap-sikap yang sangat positif bagi anak-anak didik. Acara dimulai dengan Pembacaan Rawi dan Syair-Syair Maulid Al Habsyi yang dibawakan langsung oleh siswa-siswa SD Negeri Sawang sebagai hasil dari Pendidikan Pengembangan diri yang dikembangkan oleh SD Negeri Sawang. Kemudian acara diteruskan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an oleh siswa kelas VI Siti Aisyah dengan Pembacaan Sari Tilawahnya Aulia Hayati juga murid kelas VI SD Negeri Sawang.
Kepala Sekolah dan dewan guru sedang mengikuti acara Pembacaan ayat -ayat suci Alqur'an yang disampaiakan oleh siswa kelas VI Siti Aisyah dengan Sari Tilawahnya Aulia Hayati siswa kelas VI Hadir juga dalam acara tersebut dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Tapin Selatan Bapak Arjan A Yunus dengan didampingi oleh Dra.Tawiyah selaku Pengawas TK/SD yang mewakili Kepala UPT karena pada saat yang bersamaan ada acara Rapat di Dinas Kebupaten Tapin sehingga tidak bisa hadir dalam undangan tersebut. Kepala Sekolah Ibu Hj.Murtasiah dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan maaf kepada semua undangan atas segala kekurangan dalam pelaksanaan dan ucapan terimakasih kepada semua undangan atas kehadirannya serta ucapan terimakasih kepada semua dewan guru atas kerja samanya yang baik sehingga acara terlaksana dengan baik. Dan dalam kesempatan tersebut Bapak Arjan A Yunus,S.Pd menyampaikan sambutan yang pertama beliau menyampaikan ucapan maaf atas ketidakhadiran dari Kepala UPT Dinas pendidikan Kecamatan Tapin Selatan dengan harapan semoga tidak mengurangi makna dari acara yang dilaksanakan pada hari ini.yang kedua beliau mengghimbau kepada semua siswa yang hadir untuk betul-betul mengikuti dan menyimak ceraamah yang disampaikan oleh penceramah.Selain itu beliau menyampaikan terimakasih kepada Kepala Sekolah dan dewan guru atas terlaksananya acara Peringatan Maulid serta mengharapkan semoga acara peringatan semacam ini bisa lagi dilaksanakan pada tahun yang akan datang.Sedangkan kepada penceramah beliau mengharapkan untuk fokos ceramahnya lebih banyak ditujukan kepada siswa.
Ustazd Syahriansyah selaku Penceramah Acara selanjutnya diisi dengan tausiyah atau ceramah agama yang kali ini gurunya didatangkan dari Kecamatan Lokpaikat yaitu Ustadz Syahriansyah.Dalam tausiahnya beliau mengupas mengenai hikmah Maulid,dimana beliau kisahkan kejadian dimasa Kepemimpinan Khalifah Alauddin Al Ayubi yang pertama kali dilaksanakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dimasa itu ada yang bertanya kepada Ulama yang bernama Jalaluddin As Sayuti, pertanyaannya melaksanakan Peringatan Maulid Nabi apakah : berpahala/ berdosa sedangkan itu adalah perbuatan bid'ah ? Dijawab oleh Jalaluddin As Sayuti ada pahalanya,sedangkan itu hanya bid'ah Hasanah,tetapi ukuran pahalanya tidak diuraikan asalkan pelaksanaannya ada : 1. Dalam majelis itu dibacakan ayat suci Al Qur'an. 2.Dibacakan kisah-kisah Maulid (syair-syair Maulid Nabi) apakah Al barjanji,Al Dibai,Sarapul Anam,Burdah termasuk al Habsyi. 3. Ada nasehat-nasehat agama, 4. Ada yang dimakan. Setelah acara ceramah agama selesai ditampilkan pula pembacaan Puisi oleh salah satu siswa SD Negeri Sawang dan acara diteruskan dengan pembacaan Do'a dan acara selamatan dan makan bersama.
Para orang tua Wali dan undangan
Siswa siswi sedang mengikuti acara peringatan Maulid
Undangan dan orang tua murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar