SELAMAT DATANG
Senin, 08 Oktober 2012
PENGENALAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI
Dalam pertemuan KKG PAUD Gugus I Kecamatan Tapin Selatan hari Sabtu tanggal 6 Oktober 2012 bertempat di TK Cempaka Putih Kecamatan Tapin Selatan dihadiri oleh Pengawas Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin Ibu Hj.Norjannah,S.Pd,dalam arahannya beliau banyak memberikan bahan dan masukan yang sangat bermanfaat untuk guru-guru Paud dan TK,khususnya berkenaan dengan tugas guru Paud sehari-hari,mulai dari pentingnya KTSP dan Pendidikan yang berkarakter,selain itu beliau juga memberikan pujian terhadap kegiatan KKG Paud Gugus I Kecamatan Tapin Selatan,yang kata beliau bahwa KKG Paud Gugus I Kecamatan Tapin Selatan berjalan sangat baik.
Selain itu dalam kesempatan tersebut hadir pula Bapak Noor Zain,S.IP.MM Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Tapin Selatan dan dalam pengarahannya beliau menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Pengawas Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin yang telag berkenan hadir untuk memberikan motivasi terhadap kegaiatan KKG Paud Gugus I Kecamatan Tapin Selatan,dan hal yang sama beliau sampaikan juga kepada peserta KKG Paud Gugus I yang melaksanakan kegiatan KKG meskipun dengan menggunakan dana seadanya namun kegiatan ini tatap berjalan dengan baik.
Dan dalam pertemuan KKG kali ini materi yang dibahasn adalah Pengenalan sains untuk anak usia dini dengan nara sumber Ibu Masrita,S.Pd.AUD dari TK Rita Sawang.
Dalam uraiannya beliau menyampaikan bahwa dalam perkembangan era tehnologi seperti sekarang ini,anak usia dini dituntut untuk mengenal sains dan teknologi .Pengenalan sains untuk anak TK lebih ditekankan pada proses daripada produk.Pelaksanaan sains di TK adalah dalam bentuk percobaan - percobaan sederhana yang tentu saja disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan psikologis anak,maka proses sains hendaknya dilakukan secara sederhana sambil bermain,karena bermain merupakan ciri khusus dalam perkembangan anak usia dini.Kegiatan sains ini memungkinkasn anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda,baik itu benda hidup maupun benda tak hidup yang ada di sekitar anak.
Pembelajaran sains banyak yang terkait dengan pembelajaran di TK,khususnya terkait dengan tema-tema yang kita gunakan.
Contohnya adalah :
1. Tema diri sendiri
Dalamtema diri sendiri ada sub temanya yaitu panca indra.Melalui pembelajaran sains,maka akan melatih anak menggunakan panca indranya untuk melihat,meraba,mencium bau, merasakan dan mendengar. Dalam tema ini banyak percobaan sederhana yang bisa kita lakukan, misalnya
- Meraba,percobaannya adalah bisa dengan menyediakan benda dengan berbagai untuk membedakan benda kasar,halus,licin, dll (misal batu bata,kertas,kaca ).
- Mencium bau,percobaan yang bisa kita lakukan adalah dengan menyediakan macam-macam benda yang berbau seperti minyak wangi,minyak angin atau minyak tanah dan anak kita suruh untuk mencium benda-benda tersebut.
- Membedakan rasa,percobaan yang dapat kita lakukan adalah dengan menyediakan.Benda-benda yang berasa misalnya gula,garam,kopi,cuka,dll.
2.Tema Binatang,dengan pembelajaran sains anak akan mengenal nkehidupan binatang.Ada binatang yangf hidup di darat,di air dan di udara.
3. Tema tanaman,dengan pembelajaran sains anak akan mengenal tumbuh-tumbuhan dan kegunaannya.Untuk percobaan sederhana yang dapat kita lakukan misalnya adalah,kita menyediakan tanaman bunga dalam pot dalam keadaan layu,kemudian tanaman tersebut kita sira, dan kta lihat beberapa saat setelah bunga disiram,kemudian menjelaskan apa yang terjadi.
4. Air,api dan udara,dalam tema ini banyak percobaan yang bisa kita laksanakan,misalnya: air,kita bisa mencampur warna-warna hingga menghasilkan warna yang berbeda.
Udara : percobaan yang kita lakukan adalah bisa meniup balon,lalu dilepaskan. Kita menceritakan kalau balon ditiup akan menjadi besar,karena ada udara yang mengisi,dan kalau dilepaskan balon menjadi kempis karena udaranya keluar.
Api : percobaannya bisa dengan menyediakan korek apiu dan kertas. Kertas kalau kita b akar akan berubah bentuk menjadi arang. Api bersifat panas dan b isa memanaskan atau membakar sesuatu.
Topik dan Kegiatan Pengenalan Sains.
Ada beberapa topik sains yang sesuai dengan anak usia 5-6 tahun ( TK )
1. Mengenal gerak,anak sangat senang bermain dengan benda-benda yang dapat bergerak
memutar,menggelinding atau melenting.
2. Mengenal benda cair
3. Bermain gelembung sabun
4. Bermain dengan warna
5. Bermaian dengan udara
6. Bermain bayang-bayang
7. Melakukan percobaan sederhana
8. Mengenal api dan pembakaran
9. Menegnal es
10.Bermain pasir
11.Bermaian dengan bunyi
12.Mengenal binatang
13.Mengenal tubuh manusia
14.Mengenal tumbuhan
15.Mengenal bumi,dan lain-lain
Para peserta mengikuti kegiatan dengan memberikan respon yang sangat positif.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar